Selasa, 28 November 2017

Mencoba Sedikit Sok Tahu Tentang Apa Saja

Hay Guys,

Selalu menulis apa yang ingin aku tulis. akan mencoba menuangkan unek-unek ke sok tahuan saya tentang Indonesia.
YAh , saya sudh hidup hampir 24 tahun di Indonesia, lahir di Indonesia, dan asli suku Jawa Yogya. sebanrnya apa yang ingin ku sampaikan ?
sebagai anak muda yang memang harus peka dengan keadaan yang sedang terjadi, walaupun terkadang aku mash suka apatis, namun so far, saya sudah melakukan sedikit banyak apa yang wajibnya saya lakukan, bukan bermaksud sombong, namun memang sudah seharusnya kita melakukan sesuatu dan bergerak di usia-usia kita.
Masih hangat-hangatnya Hari Pahlwan sih ya ini, yang baru beberapa minggu yang lalu. sempet menghayati banget waktu itu, lihat film yang bertemakan kepahlawanan dan cerita dari bapak-ibu yang menceritakan perjuangan pahlawan zaman dulu, rasanya kita sombong banget dan ngerasa jadi anak muda yang "sok" banget kalau kita sampai lupa bahkan nggak ngenal nih pahlawan kita. latar belakang keluarga tentara, simbah-simbah saya, dan manusia 3 zaman, beberapa telah simbah saya critakan kepada saya bagaimana uforia perjuangan zaman dahulu.

...................................................................................................................................................................

Pling enggak kita hafal dan baca deh perjuangan pahlawan, nyari di internet kek, atau ketemu langsung para veteran-veteran atau guide2 museum. dijamin kamu bakal banyak banget belajar.

Ngerasa sedih dan haru sih waktu hari Pahlawan kemarin , walau ndk ikut upacara dan hanya lewat berita-berita di media sosial, rasanya saya pribadi merasa malu dan masih belum apa-apa banget dibandingkan sama pahlawan zaman dahulu, ya iyalah ya, zaman sudah beda, perjuangannya pun sudah beda. jadi ya muncul aja pemikiran-pemikiran yang kdang random lagi trus tiba-tiba "apa ya yang bisa ku lakuin buat indonesia ?" . jujur dari saya sekolah dasar, saya sudah seneng banget sama pelajaran IPS, kenapa ? karena IPS itu peljaran yang menyenangkan, kita serasa bisa kemana-mana, mempeljari budaya, suku maupun keadaan disetiap daerah.

jadi seperti zona kita tu dibawa entah kemana gitu, keliling indonesia. hahahha (alay)
setelah saya baca beberapa buku, karya mahasiswa yang notabene sedang berkuliah dan belajar tapi bisa buat buku, jadi bisa belajar ternyata anak-anak muda Indonesia luar biasa. oh ya, dari beberapa akun instgram yang saya ikuti juga para pemuda Indonesia itu jempolan semua lhoh. saya memang pengguna media sosial addict sekarang, jujur, Instagram, whatApp, Twitter. tiga aplikasi itu jujur saya on. namun saya tipikal orang yang ndak suka nge follow orang karena pertama ganteng , cantik, ngehits, dan trending topic banget. walau saya pengguna sosmed, terkadang saya suka ndak tau gosip apa yang sedang terjadi pada artis-artis ibukota. saya nge follow akun apabila akun itu bermanfaat buat saya, akun itu membuat saya belajar, dan membuat saya jadi termotivasi dan menjadi lebih tau. biasanya nih, akun anak-anak muda yang entah cowok atau cewek yang dia itu bersifat penggerak ke arah kemajuan indonesia dan skill dia yang lebih bagus lagi. jadi so far, akun instagram saya hanya berisi komunitas pendidikan dan sosial serta anak muda yang keren-keren, jelas teman-teman saya jugapastinya, yang dr situ kita dapat ikut-ikutan berubah untuk perubahan. bukan sombong sih, lebih kayak ngasih vitamin postif aja buat tubuh dan otak kita dr orang-orang tersebut. akun artis pun saya hanya beberapa , Mbk Dian Sastro, Mudy Ayunda, Sherina, dan dua orang lain yang saya lupa namanya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

yah, at Least punya media sosial, kita harus manfaatin dengan sebaik mungkin, jangan mengumpulkan hal-hal negatif intinya dr sosmed. ah sok bijak lu tik, Whatever what do you say ya , kalau gue sih ngambil sisi positif aja dari orang-orang, toh itu bisa nambah semangat saya dan motivasi saya. sok wow banget soal perubahan, emang lu bisa apa ?
sedikit rada ngejawab pertanyaan orang yang pernah terlontar sih, sekarang alhamdulillah sih aku sudah bergerak dengan cara saya sendiri untuk perubahan di Dusun saya, ya walau lingkup saya masih dusun, tapi saya yakin kalau sesuatu itu dimulai dr hal kecil dulu.

Ya begitu lah kedaaan zaman Indonesia sekarang, banyak anak muda yang punya banyak potensi, namun mereka enggan buat nularin potensi ke orang lain.

=======================================================================
akhir-kahir ini dapet ilmu dari seminar-seminar dan banyak baca artikel di media sosial. dan ku ambil kesimpulan, sebanrnya nih, kalau anak muda dikumpulkan dan mereka lebih bisa toleransi dan tidak mengotak kotakan sesuatu, bisa lho kita maju lebih maju dari singapore misalnya, atau finlandia hahaha
yah begitulah negara majemuk, kita ndak bisa melulu memikirkan keinginan kita dan maunya kita, tetap menghargai harus dijunjung.
tapi sering miris aja sih , ngelat remaja sekarang yang pergaulannya sudah pada hampir titik kulminasi, atau bahkan sudah berada di titik kulminasi. banyak banget berita pembunuhan, ngebunuh orang tua, gantung diri, dan foto mesra yang diumbar di media sosial. wah udah bener-bener ndak sehat ni dunia.

Pernah bayangin nggak sih kalau kelak kita punya anak, tapi anak kita lahir lingkunganya kayak gitu ?
kan sedih banget ya rasanya....
jangan sampai nih kalian yang pada nikah muda, hanya atas nama cinta doang. itu bukan bekal namanya. bekal itu banyak. tapi yang paling penting bekal ilmu. itu sangat amat penting. tapi ya sekali lagi tergantung keadaan masing-masing individu, kalau memang bisa cepet dapet jodohnya dan sudah siap ya segerakan.. kalau memang sudah merasa siap sekali lho ya.

Akhir-akhir ini kagum banget gitu sama para pengajar muda yang sebentar lagi akan ditugaskan ke daerah masing-masing, pengjar muda indonesia mengajar. excited banget sama program yang di prakarsai bapak anies baswedan ini, keren sih menurutku, rela ngajat di pelosok negeri supaya mereka bisa belajar di daerah daerah yang tidak terlihat di indonesia. pernah bertukar pikiran dengan mbak-mbak  alumni pengajar muda, setelah sepulangnya mereka setahun mengabdi disna, mereka jadi sadar, Indonesia itu Kaya banget, indah banget dan berpotensi banget, tapi sayangnya cuman satu, Indonesia kurang cukup akses untuk anak-anak disana. jadi seketika mikir saya hidup di jogja cuy, udah enak banget apa-apa deket, mudah, nggak capek. tappi saya punya tanggung jawab ini nih,, ini lho generasi bangsa yang bakal calon jadi partner kita. oh my god... jadi ngerasa, selama ini aku udh ngapain aja ???????
pernah nggak mikir kayak gitu ? kalau udah pernah , barti kamu waras, kalau belum pernah barti kamu di warasin hahaha (peace)

 ................................................................................................................................................................

seandainya para instgramable itu sedikit banyak pada buka mata ya , walau ndak semua, pengguna yang tujuannya hits maksud saya, itu sadar.. lu masih punya saudara kek gini cuy ........ lu masih punya tanggung jawab buat kehidupan lu selanjutnya ...

kamu kok sok-sok sih tik ? ngoomongin negara
please, opend your mind, opend your eyes, and opend your wawasan seluas-luasnya ...
kamu ngapain aja sampai saat ini ?

 yah, mungkin itu itu unek unek random yang kuceritakan, intinya rada sedikit risi aja sih, sama orang yang suka nanya dan sok tahu tentang mimpi kita yang terlalu alay lah, terlalu menjadi bahan tertawaan lah, underestimate lah, apalah itu semua. kalian gerak lah, mikirlah selagi bisa, jangan jadi manja untuk para kaum muda...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menentukan Arah Angin

Syahdunya sore ditengah rinai yang turun ini membawaku pada sebuah layar netbook dan membuka sebuah laman blog yang sudah terlalu lama tida...